Cara Menyapu Lantai Dengan Teknik dan Tata Cara yang Benar

Baca Juga

Airin Blog, cara menyapu lantai dengan teknik dan tata cara yang benar - Bukan suatu pekerjaan rumit jika tahu cara menyapu lantai yang baik dan benar. Namun bisa juga ini dikatakan suatu hal yang menjengkelkan dan membosankan jika tidak tahu cara menyapu lantai. Pernah lihat rumah berantakan, kotor, banyak sampah berserakan, dan itu setiap hari harus dibersihkan. Sebagai ibu rumah tangga pasti tidak heran lagi setiap pagi dan sore harus dikerjakan dengan ikhlas demi rumah yang bersih dan nyaman. Tetapi, cara menyapu lantai versi ibu-ibu beda dengan kita yang mungkin sebagai seorang anak jika disuruh ibunya belum dikerjakan sudah ngomel duluan.

Gambar Cara Menyapu Lantai Dengan Teknik dan Tata Cara yang Benar

Oleh karena itu, mulailah dari sekarang untuk belajar mencoba tips menyapu lantai yang mudah dan asyik untuk dikerjakan. Apalagi cara nyapu lantai tidak mesti dikerjakan dengan teknik menyapu lantai secara khusus. Namun semua akan terasa berat jika tidak dimulai dari belajar dengan tata cara menyapu secara benar. Belum lagi cara menyapu ubin atau halaman yang luas, bisa pegal-pegal semua badan rasanya.

Tata cara menyapu untuk pemula dengan beberapa tips

  • Gunakan sapu yang bagus, bentuk yang rapi dan bersih. Jangan gunakan sapu ijuk yang mudah rusak ketika disapu bisa berantakan. Malah jadi tambah kotor.
  • Rencanakan cara menyapu dimulai dari dalam ruangan kamar, ruang tamu, terus menuju pintu keluar yang sudah disiapkan sekop untuk membuang sampah.
  • Sapu lantai secara bertahan ditiap ruang dan dikumpulkan pada satu titik untuk siap dibersihkan/dibuang.
  • Jangan menyapu lantai secara tidak beraturan. Karena membuat lelah dan dipastikan banyak sudut ruangan yang dilewatkan.
  • Bekerja dengan senang hati dan didukung cara menggunakan sapu lantai yang benar.

Teknik dan cara yang tepat menyapu lantai

Gambar Cara Menyapu Lantai Dengan Teknik dan Tata Cara yang Benar

Bisa itu karena biasa. Mengerjakan sesuatu yang terlihat sangat berat pasti akan terasa ringan kalau sudah menjadi kebiasaan. Sama halnya dengan menyapu lantai, dibilang berat dan membosankan sudah pasti. Apalagi kerjaan ini dilakukan setiap hari. Tapi kenapa ibu-ibu tidak pernah merasa bosan atau letih? Ini dikarenakan sudah menjadi kebiasaan rutin dengan pandai mengatur waktu untuk menyempatkan menyapu agar rumah selalu bersih. Jangan pernah meremehkan ibu rumah tangga, karena power yang mereka miliki punya teknik tersendiri yang tidak semua orang punya, khususnya bagi pria.

Pada sesi terakhir, bisa dicoba cara menyapu yang benar

Cara Menyapu Lantai Dengan Teknik dan Tata Cara yang Benar

Tidak semua yang biasa itu selalu benar. Termasuk cara menyapu. Teknik yang dilakukan sehari-hari sudah benar. Karena bisa dibilang, siapapun belajar nyapu tidak perlu ada keahlian khusus. Dari sejak dini cukup dibiasakan dengan mencoba cara menyapu yang baik dan benar, Contohnya:
  • Biasakan menyapu setiap hari walau lantai tidak terlalu terlihat kotor. Gunanya untuk meringankan pekerjaan lainnya setiap hari.
  • Jika sudah terlanjur menumpuk kotoran dan debu dirumah, bisa dibantu dengan mesin penyot debu atau vacum cleaner.
  • Menyapu dipagi dan di sore hari disaat semua pekerjaan utama sudah selesai.
  • Jangan menyapu setelah lantai dipel. Usahakan lantai disapu terlebih dahulu baru kemudian lantai dipel.
  • Sapu lantai dengan gerakan maju, jangan bolak-balik tidak beraturan.
  • Kotoran atau debu yang sudah terkumpul di satu titik segera buang ke tempat sampah.
  • Tempatkan posisi menyapu dengan jenis sapu yang sesuai. Misalnya sapu lidi tidak pantas untuk jenis lantai granit atau marmer, karena difungsikan biasanya untuk menyapu teras halaman.
Jika menyapu lantai saja masih terasa berat untuk anda kerjakan setiap harinya, cara gampang bisa cari pembantu untuk mengerjakan semua urusan rumah tangga. Tapi tidak dianjurkan bagi anda yang kesehariannya hanya dirumah. Selain sayang uang juga sayang waktu untuk menikmati urusan pekerjaan rumah. Jadi pada intinya, menyapu lantai itu bukan suatu pekerjaan yang rumit dan berat asalkan tahu teknik dan cara menyapu lantai yang baik dan benar. [AB]



Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Click to comment