Video Amatir Penyebab Terjadinya Tsunami di Palu Menyapu Daerah Donggala Sulawesi Tengah

Baca Juga


Airin Blog, Video amatir penyebab terjadinya Tsunami di Palu menyapu daerah Donggala Sulawesi Tengah - Video Amatir Terjadinya Tsunami diambil Pada hari Jumat, gempa berkekuatan 7.5 skala Richter mengguncang pulau Sulawesi di Indonesia, tepat setelah pukul 17:02 Waktu Indonesia Barat. Video-video dramatis terjadinya tsunami mengungkap pertumbuhan yang mencekam dari gelombang yang memuncak di teluk dekat Palu, yang akhirnya menabrak pantai, menyebabkan para penonton terpencar-pencar. Berikut ini video amatir terjadinya Tsunami di Palu menyapu bersih di pantai Donggala Sulawesi Selatan.

Para ilmuwan terkejut oleh tsunami berikutnya, yang mengakibatkan pesan peringatan yang bertentangan. Tetapi para ahli menyarankan bahwa geologi unik daerah itu bisa disalahkan atas perkembangan bencana yang tidak biasa.

Gempa susulan berpotensi Tsunami

Gempa itu menyusul serangkaian gempa yang dimulai sekitar pukul 14.00 WIB dengan gempa berkekuatan 6,1. Peristiwa itu tidak hanya menghancurkan puluhan rumah tetapi mengakibatkan satu kematian dan setidaknya 10 cedera, menurut Reuters. Tanah terus bergolak dengan 27 gempa susulan yang akhirnya memberi jalan kepada gosongan 7,5-magnitude yang kuat dan dangkal yang berpusat sekitar 6 mil dalam, menurut Survei Geologi AS. Sejak itu, 31 gempa susulan mencengkeram pulau itu, menurut CNN Indonesia. 

Tsunami di Palu menyebabkan kerusakan berat

Kerusakan total dari gempa kuat masih belum jelas. Menurut sebuah pernyataan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), badan bencana alam Indonesia, gempa bumi telah menyebabkan pemadaman listrik yang meluas, yang telah melumpuhkan komunikasi, tetapi badan-badan lokal bekerja untuk menyelesaikan situasi. BNPB mencatat bahwa tentara Indonesia akan mengerahkan pasukan untuk membantu dampaknya. Sementara pernyataan mencatat ada korban, korban manusia tidak diketahui.

Membuat gelombang
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Indonesia (BMKG) pada awalnya mengeluarkan peringatan tsunami tetapi segera menariknya berdasarkan analisis pada saat itu. Namun, gelombang mengerikan segera mulai menabrak pantai, ditangkap dalam video yang dengan cepat mulai beredar di media sosial. Salah satu video tertentu tampaknya direkam dari lantai atas dari struktur parkir melingkar di Palu Grand Mall, menunjukkan ombak bergegas di bawah. Memotong saat kerumunan mulai berlari, mencari keselamatan dari dinding air.

Penjelasan terkait Tsunami di Palu

Tsunami mungkin hasil dari beberapa gerakan vertikal di sepanjang patahan, kata Gombert. Tapi dia menemukan itu tidak mungkin ini sepenuhnya bisa menjelaskan gelombang tinggi seperti itu — beberapa model awal memperkirakan gelombang setinggi 16 kaki. "Bahkan jika ada perpindahan vertikal sedikit, ini adalah tsunami yang cukup besar," katanya. Kemungkinan tanah longsor - baik kapal selam atau dari pantai - juga mengganggu perairan teluk, menyebabkan gelombang.

Batas-batas teluk itu sendiri mungkin juga merupakan masalah, catat Janine Krippner, seorang ahli vulkanologi di Concord University. "Itu dapat memperkuat tinggi gelombang karena menyalurkan air ke area yang lebih kecil," tulisnya melalui pesan Twitter. Namun dia menekankan bahwa masih ada banyak ketidakpastian seputar kejadian hari ini.

Lembaga-lembaga Indonesia mengarahkan penduduk setempat untuk tetap sadar akan bahaya yang terus berlanjut. "Orang-orang didorong untuk tetap waspada," kata juru bicara badan bencana Sutopo Purwo Nugroho, AP melaporkan. “Lebih baik tidak berada di rumah atau gedung karena potensi gempa susulan bisa berbahaya. Orang didorong untuk berkumpul di area yang aman. Hindari lereng bukit. " [AB]

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Click to comment