Cara Mencuci Piring Dengan Sabun Sesuai Urutan dan Prosedur

Baca Juga

Airin blog, cara mencuci piring dengan sabun sesuai urutan dan prosedur - cara mencuci piring dengan teknik super cepat dan anti malas ini bisa anda praktekkan dirumah dengan mudah. Menurut pengalaman saya, sesuatu hal yang mudah dari mulai mencuci piring, dan perabotan lainnya merupakan kerjaan rutin namun suka dikerjakan belakangan. Sudah menumpuk, sudah tidak ada lagi piring yang bersih, baru deh mulai dicuci. Padahal air banyak, sabun tersedia, tetap saja menuci piring selalu saja menjadi pekerjaan yang tertunda, walaupun itu kerjaan biasaanya urusan ibu rumah tangga. Apalagi kalau ada acara dirumah yang diharuskan mengundang orang ramai, seperti selamatan, atau acara ulang tahun dan masih banyak yang lainnya yang berkaitan dengan mencuci piring.

gambar cara mencuci piring dengan sabun sesuai urutan dan prosedur

Kebiasaan mencuci piring yang baik dan benar

melihat piring kotor, berantakan, terkadang bingung harus mulai dari mana untuk menimbulkan rasa semnagat mencuci piring. Beda halnya dengan ibu rumah tangga, sudah ada insting yang tertanaam, tidak perlu dibilang rajin sudah pasti kalau ada piring kotor ya wajiblah dengan segera untuk dicuci, tanpa harus menunggu menumpuk didapur terlalu lama, piring sudah kembali bersih dan siap digunakan lagi bersama keluarga dirumah. Hal ini akan menjadi mudah, karena tanpa rasa beban jika harus mencuci piring dan perlu ditanamankan kepada anak-anak sejak dini agar terbiasa bekerja dengan diawali yang ringan-ringan seperti mencuci piring.

Teknik mencuci piring dengan cepat tanpa malas

Ketika hendak mencuci piring, pastikan piring, sendok dan gelas yang anda gunakan untuk makan pada saat itu, ketika selesai digunakan segera untuk dicuci, dengan catatan posisi anda saat itu mungkin sendiri, atau punya banyak waktu, atau sebagai anak yang mengerti keadaan ibunya yang seharian sudah masak, beres rumah, dan tidak perlu disuruh lagi untuk ambil tindakan segera cuci piring. Kalau perlu sekalian bekas orang tua makan ikut dicuci juga. Jangan lagi harus menunggu ibu yang mencuci, karena suatu hal yang tidak berat kalau hanya sekedar mencuci piring setelah makan. Cukup sediakan air bersih dan sabun mencuci piring, kerjaan beres seketika.

Gambar teknik mencuci piring dengan cepat tanpa malas

Prosedur mencuci piring dengan sabun khusus mencuci piring

Dari awal saat mencuci piring, kenali dulu kriteria zat makanan apa yang menempel dipiring, seperti piring yang digunakan bekas makanan berlemak dan berminyak, kemudian piring bekas sayuran berkuah, atau setelah makan kue coklat atau keju. Dari cara mencuci piring yang  betul sesuai prosedur, mulailah dari mencuci piring dengan noda yang mudah hilang seperti cokelat atau bekas kue. Setelah semua bagian tersebut selesai baru dilanjutkan dengan piring bekas sambal atau kuah sayuran berminyak dan berlemak. Gunakan sabun pencuci piring yang direkomendasikan, seperti cairan pencuci piring yang terdapat campuran atau aroma jeruk nipis, karena dapat denagn mudah menghilangkan noda berlemak dan berminyak.

Urutan mencuci piring sampai selesai dan benar-benar bersih

Pada kesimpulannya, saat mencuci piring harus perhatikan cara mencuci piring dengan baik dan benar, dari mulai urutan di awal mencuci sampai dibilas dengan bersih. Pertama kali pastikan air bersih tersedia saat mencuci, jangan asal-asalan menggunakan air. Karena piring-piring tersebut akan digunakan lagi, agar tetap higienis. Gunakan sabun pencuci piring yang benar-benar khusus, jangan asal menggunakan sabun mandi atau sabun cuci pakaian yang jelas tidak terjamin kebersihannya dan bukan diperuntukkan mencuci piring. Buang sisa makanan didalam piring kedalam kantong plastik dan pisahkan buang ke tong sampah, Siapkan air bersih dengan metode pencucian 2 kali bilas sehingga benar-benar bersih jika digunakan kembali. Jika semua sudah dilakukan, maka mencuci piring itu bukanlah suatu hal yang memberatkan dan menjadi beban setiap hari, tapi menjadi kerjakan pokok yang wajib dilaksanakan khusunya rumah tangga agar selalu sehat dan terjaga. [AB]

Click to comment